Senin, 04 Oktober 2010

Dinamika Pasar Skuter Matic

Sejak pertengahan Maret 2004, pasar skuter bebek empat tak yang lebih dikenal dengan skutik (skuter matic) mulai diperkenalkan dengan keunggulan utama terletak pada sistem CVTnya (Continues Variable Transmission), yang memungkinkan pengendalian gigi otomatis. Hadirnya skuter matic otomatis secara otomatis memanaskan persaingan di kelas skuter, karena pada tahun-tahun sebelumnya produk Kymco dan beberapa merek lain lah yang mendominasi pasar ini.

    Persaingan pada pasar skuter matic sangatlah berpeluang melahirkan inovasi-inovasi produk baru, lihat saja Honda yang memunculkan produk Scopy dengan desain yang berbeda bila dibandingkan skuter matic pada umumnya. Viar pun saat ini mulai merambah pasar skuter matic dengan mengeluarkan produk Vior, yang memiliki keunggulan dalam hal harga yang murah. Kawasaki yang memiliki keunggulan dalam penjualan motor sport, tampaknya tak bergeming dan belumlah menampakkan tanda-tanda untuk bersaing dan menciptakan produk skutik.

    Gejolak yang ada di pasar, kemungkinan akan membuat produsen berusaha untuk melihat ceruk pasar lebih cermat lagi. Banyak produsen akan mencoba berbagai inovasi lain untuk menggantikan kekurangan skuter matic yang dimiliki pada saat ini. Selain upaya melakukan inovasi produk, dipastikan produsen akan semakin getol melakukan promosi dan belanja iklan mengingat persaingan semakin ketat.

Tidak ada komentar: